Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Setelah pengumuman PPDB, kegiatan Pra MPLS dan MPLS bagi peserta didik baru SMAN 6 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023 diselenggarakan mulai 8 Juli 2022 sampai 13 Juli 2022.

Kegiatan yang melibatkan peserta didik baru itu diisi berbagai kegiatan sesuai surat edaran (SE) Kadis Dikpora Prov. Bali. MPLS yang dipimpin oleh ketua panitia A.A.Ag.Ngr Agung Pujana,S.Ag, M.Pdh berjalan dengan aman dan lancar diakhiri dengan kegiatan outbound ke Pura Luhur Batukau, Tabanan.

Workshop Review Kurikulum KOSP dan IKM

SMA Negeri 6 Denpasar melaksanakan Workshop Review Kurikulum KOSP dan IKM  dari Senin, 27 Juni 2022 s/d Kamis, 30 Juni 2022 dengan Tema “Menjadi Guru Kreatif, Menginspirasi, Menggerakkan dan Meneladani”

Workshop Review Kurikulum ini dibuka oleh  Dr. KN. Boy Jayawibawa Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Provinsi Bali pada hari Senin, 27 Juli 2022 bertempat di Aula SMA Negeri 6 Denpasar sekaligus beliau memberikan materi tentang Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Materi Workshop pada hari pertama, Senin 27 Juni 2022 antara lain :Materi dari I Ketut Sudarma, Ssos, Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Bali tentang Kebijakan Implementasi Merdeka, Materi dari Drs. I Nyoman Ratmaja, M.Pd,,  Kepala Bidang Pembinaan SMA tentang Kebijakan Bidang SMA dan Materi dari Ida Ayu Nyoman Candrawati, SH,M.Par Kepala Bidang Pembinaan PK,PLK dan Bahasa) tentang  Program Anti Bullying.

 

Pada hari Kedua,Selasa 28 Juni 2022 materi diisi oleh I Made Agus Suputrayasa, S.Pd,M.Pd Co-Kapten Belajar Id. Kota Denpasar yang memberikan materi tentang Optimalisasi Pemanfaatan Akun Belajar.Id dalam IKM, di lanjutkan dengan membuat tugas mandiri oleh masing-masing perserta.

 

Pada hari ketiga, Rabu 29 Juni 2022, seluruh peserta menyelesaikan Modul pembelajaran dan pelatihan mandiri PMM bertempat di Aula SMA Negeri 6 Denpasar didampingi Wakasek Kurikulum SMA negeri 6 Denpasar I Made Yadnya Suputra, S.Pd, M.Pd

Sebelum Penutupan, Kamis, 30 Juni 2022, para peserta kembali mendapatkan materi tentang Review Kurikulum yang diberikan oleh I Wayan Darsana, M.Pd, M.Si, Koordinator Pengawas dan Meteri tentang Strategi Pembelajaran  Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Ni Luh Gede Suciati, S.Pd, M.Hum.

Penutupan Workshop oleh I Ketut Suendi, S.Pd,M.Pd Kepala SMA Negeri 6 Denpasar dengan harapan SMA Negeri 6 Denpasar siap melaksanakan kurikulum KOSP dan seluruh peserta bisa bisa melaksanakan pembelajaran sesuai tema workshop.

Acara Serah Terima Jabatan Kepala SMAN 6 Denpasar

Acara serah terima jabatan Kepala SMAN 6 Denpasar dilangsungkan pada tanggal 3 Januari 2022 bertempat di Aula SMAN 6 Denpasar. Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd selaku kepala sekolah yang sudah purnabakti digantikan oleh Bapak I Ketut Suendi, S.Pd, M.Pd yang sebelumnya bertugas sebagai guru di SMAN 2 Kuta. Acara serah terima jabatan ini dihadiri oleh Pengawas Sekolah, Pengurus Komite, Guru, Pegawai dan OSIS.  

Foto penandatanganan berita acara serah terima jabatan kepala sekolah.

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Oleh Tim Asesor dan Pengawas Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali

Senin, 22 November 2021, SMAN 6 Denpasar melaksanakan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah). Kegiatan ini merupakan potret hasil kerja kepala sekolah selama satu tahun selama pelaksanaan kurikulum darurat selama pandemic Covid-19. Untuk menunjang pelaksanaan PKKS, maka dibentuk panitia PKKS SMA Negeri 6 Denpasar. Bapak Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., selaku Kepala SMAN 6 Denpasar menjelaskan pembentukan panitia ini bertujuan untuk persiapan bukti-bukti fisik yang diperlukan dalam PKKS tahun 2021.

Adapun tim asesor dan pengawas yang melakukan PKKS di SMA Negeri 6 Denpasar adalah Ni Luh Gede Suciati, S.Pd, M.Hum., Dra. I. A. Lilik Suryaningsih, M.Pd., dan I Ketut Sujana, S.Pd., M.Pd.

Tim Asesor mengatakan kinerja sekolah ini bukan berfokus pada penilaian oleh Kepala sekolah saja namun seluruh kegiatan baik administrasi maupun non adminstrasi sekolah. Kita wajib menjaga sekolah ini agar orang tua yang menyekolahkan di SMA ini tidak kuatir. Sekolah ini akan menjamin para siswa untuk mendapatkan pendidikan semaksimal mungkin.

Secara garis besar tim sebagai PKKS SMAN 6 Denpasar adalah sebagai berikut :

Penanggung Jawab     : Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd.

Pendamping                     : 

      1. Drs. Jro Kum, M.Pd

  1. Drs. I Nyoman Sumahendra
  2. I Wayan Subiakta, S.Pd
  3. Drs. I Wayan Artha

Ketua                           : I Made Yadnya Tresna Putra, S.Pd, M.Pd

Sekretaris                 : I Made Gunada Putra, S.Si

Bendahara                : Drs.  I Cening Carmaya

Anggota Bidang:

A. Manajemen Sekola

B. Proses Pembelajaran

C. Ekosistem Sekolah

Pelaksanaan KSN-K 2021 SMA Negeri 6 Denpasar

Kompetisi Sains Nasional (KSN) pada tahun 2021 dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional. KSN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, kompetisi Sains diharapkan mampu membentuk peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan berkarakter. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetesi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional. Adapun bidang yang dilombakan dalam KSN tahun 2021 meliputi sembilan bidang keilmuan, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

SMA Negeri 6 Denpasar ikut serta dalam kegiatan KSN-K tahun 2021 dengan mengikutsertakan 27 peserta untuk setiap bidang yang dilombakan. Kegiatan KSN-K diawali oleh seleksi tingkat sekolah untuk menentukan peserta didik yang akan mewakili sekolah pada ajang KSN-K. Kegiatan seleksi ini dilakukan oleh pembina masing-masing mata pelajaran yang dilombakan, selanjutnya setiap peserta didik yang terpilih akan didaftarkan secara online pada sistem KSN-K. Dalam tahap pendaftaran, sebanyak 21 dari 27 peserta yang didaftarkan yang dapat masuk ke sistem KSN-K tahun 2021.

Setelah melalui tahap seleksi, pembinaan, dan pendaftaran, akhirnya kegiatan KSN-K dilaksanakan selama dua hari, yakni pada tanggal 3 Juni 2021 hingga tanggal 4 Juni 2021. Pelaksanaan KSN-K 2021 memang mengalami perbedaan daripada KSN-K tahun-tahun sebelumnya, dimana kegiatan KSN-K tahun ini harus dilaksanakan secara daring (dalam jaringan –red) sebagaimana yang merupakan dampak dari adanya pandemi Covid-19. Dikutip dari hasil wawancara bersama I Made Gunada Putra, S.Si selaku salah satu pembina mata pelajaran kimia, beliau mengatakan bahwa pelaksanaan KSN-K tahun ini dilakukan secara daring dengan menggunakan sistem seperti UNBK yang diatur oleh pusat. “Nah, kalau tahun ini karena ini semuanya daring dengan menggunakan sistem seperti UNBK”, ujar Gunada ketika diwawancara pada hari Kamis (3/7).

Terdapat beberapa kendala yang dialami oleh peserta saat mengikuti KSN-K pada hari Kamis (3/7) kemarin. “Saat kegiatan dimulai, sempat terjadi gangguan saat akan memasukkan token pada sistem web KSN-K, serta soal yang tidak bisa muncul di layar komputer,” ungkap salah satu peserta KSN-K bidang biologi, Anak Agung Ayu Gayatri. Beruntung kendala tersebut dapat diatasi, dan peserta bisa segera mengerjakan KSN-K dengan baik hingga akhir. Meskipun sempat menghadapi beberapa kendala dalam pelaksanaan KSN-K 2021, tapi para peserta tetap mampu untuk menyelesaikan kegiatan KSN-K yang berlangsung selama dua hari ini dengan antusias, tertib, jujur, dan tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi covid-19. (TIM 1 – Candralekha)

Persiapan KSN-K 2021 SMA Negeri 6 Denpasar

DENPASAR;  KSN atau Kompetisi Sains Nasional adalah ajang kompetensi dalam bidang sains bagi para siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia yang diadakan sekali dalam setahun di kota-kota yang berbeda. Siswa yang mengikuti Kompetisi Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi di sekolah masing-masing. Jika mereka lolos seleksi yang diadakan oleh sekolah, mereka akan mewakili sekolah untuk berlomba ditingkat kota. Tiap sekolah tentunya sudah memilih siswa siswi berprestasi yang akan mengikuti kompetisi ini. “Yang jelas, yang mengikuti olimpiade ini adalah siswa-siswi terpilih sesuai pada bidangnya masing-masing, yang mana siswa-siswi tersebut memilih sesuai minat dan bakat yang diikuti lalu diseleksi dan siswa yang lolos seleksi tersebut yang akan mengikuti Olimpiade tersebut,” ungkap Putu Dwika Putri Dharmadewi, S.Pd, M.Pd, salah satu guru pendamping KSN fisika dan kebumian di SMA Negeri 6 Denpasar, pada hari Kamis (3/7).


Dalam pelaksanaan KSN kali ini terdapat sembilan bidang keilmuan yang dilombakan, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. SMA Negeri 6 Denpasar menyumbangkan siswanya ke dalam seluruh bidang yang dilombakan. Dalam persiapannya, siswa-siswi yang terpilih mengikuti pembinaan. Kendala yang dialami saat proses pembinaan yaitu terjadinya benturan antara waktu pengumpulan tugas siswa dan kegiatan pembinaan. Pembinaan dilakukan dalam rentan waktu satu setengah bulan, dan pelaksanaannya berlangsung selama dua jam per-harinya. Siswa-siswi yang mengikuti olimpiade sangat antusias dalam mengikuti pembinaan. Biasanya saat kegiatan pembinaan akan dilakukan diskusi dengan pembina dan membahas soal-soal dari olimpiade tahun sebelumnya.


Siswa-siswi yang terpilih mengikuti kompetisi juga memiliki alasan pribadi untuk mengikuti kegiataan ini. Menurut peserta, kompetisi ini juga dianggap memberikan keuntungan yaitu dapat mengembangkan minat dan kompetensi siswa di bidang akademik. “Untuk mencari pengalaman dalam berkompetisi dan juga bisa menggunakan sertifikat KSN ini untuk membantu masuk perguruan tinggi nantinya,” ungkap Ni Komang Mega Juni Avianty, salah satu siswi yang mengikuti KSN di bidang biologi. Selain itu, proses pembinaan yang dilakukan untuk persiapan juga dapat mengajarkan siswa mengenai materi-materi secara lebih luas.


Selaras dengan Mega, menurut sekretaris dari pelaksanaan KSN, kegiatan ini sangat bagus untuk diikuti. Selain dapat mengukur kemampuan, kita juga dapat bertemu dengan teman pada lingkup bidangnya masing masing dan bisa bertukar pikiran juga menambah wawasan. “Untuk menang dan kalahnya masalah belakangan, dengan mengikuti olimpiade kita mampu berkompetisi dan bersaing secara sehat,” ujar Ibu Putu Dwika Putri Dharmadewi. Persiapan KSN tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dikarenakan proses olimpiade yang dilaksanakan di sekolah masing-masing dengan sistem daring (dalam jaringan –red). Untuk saat ini kegiatan KSN dilakukan secara online mengingat adanya pandemi COVID-19. Dengan terjadinya pandemi berdampak juga pada penurunan partisipasi siswa dalam mengikuti olimpiade. Namun, hingga saat ini jumlah peserta masih memenuhi target yang ditentukan dari pusat.

Beberapa hari sebelum kegiatan KSN dilakukan, siswa-siswi yang terpilih juga diberikan pengarahan di aula SMA Negeri 6 denpasar oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, serta didampingi Pembina KSN SMA Negeri 6 Denpasar di semua bidang. Setelah diberikan pengarahan, para peserta juga mengikuti simulasi di laboratorium komputer SMA Negeri 6 Denpasar. Para peserta diberikan kartu identitas untuk mencoba log-in akses sistem KSN dan uji coba soal. (Tim 2 – Candralekha)

Pelepasan Siswa Kelas XII Secara Daring

Pelepasan siswa kelas XII SMA Negeri 6 Denpasar Angkatan 34 Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara daring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pelepasan ini dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2021 yang bertempat di Aula (lantai 3) SMA Negeri 6 Denpasar dihadiri oleh Pengurus Komite. Dalam acara ini juga diserahkan Surat Keterangan Lulus bagi perwakilan kelas yg diwakili oleh masing 2 orang. Jumlah keseluruhan siswa yang dinyatakan lulus untuk tahun ini sebanyak 353 siswa.