KEPALA SEKOLAH

Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd














MENU
LINK TERKAIT

Sekilas Perjalanan Berdirinya

SMA Negeri 6 Denpasar. 

SMA Negeri 6 Denpasar berdiri pada tanggal 2 Juni 1986 dan diresmikan pada tanggal 14 Juni 1986 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Prof. Dr. Fuad Hassan. Surat Keputusan tertuang Nomor : 0887/0/1986 tertanggal 22 Desember 1986. Sebagai Kepala Sekolah yang pertama dipercayakan kepada I Gusti Ayu Raka Puspa, BA.

Letak geografis SMA Negeri 6 Denpasar, di Ujung timur Kota Denapsar tepatnya , Jalan Tukad Nyali Desa Sanur Kaja Denpasar Selatan

Perjalanan kepemiminan SMA Negeri 6 Denpasar ;

1.  Sebagai Kepala Sekolah pertama dipercaakan kepada I Gusti Ayu Raka Puspa, BA. (1986-1990)

Dimana pada saat itu SMA Negeri 6 Denpasar hanya memiliki 5 ruang belajar, sebuah ruang perpustakaan, sebuah ruang ketrampilan , sebuah ruang administrasi dan gudang, dilengkapi dengan perlengkapan sarana bangku dan kursi belajar untuk dua kelas. Siswa yang diterima sebanyak 3 kelas degan jumlah 136 orang. Tenaga guru dan pegawai jumlahnya sebanyak 11 orang.Kondisi lingkungan saat itu masih penuh dengan rerumputan dan letak sekolah masih dikelilingi oleh tanah lapah berupa sawah yang membentang mengitari bangunan sekolah.

2. Kepala sekolah yang kedua bernama I Gusti Ayu Alit Rudriani, BA. (1990-1998)

Gerak langkah beliau berkaitan dengan taman dan perindangan tampak masih sampai sekarang pohon-pohon yang ditanam pada zamannya masih hidup. Seperti ada pohon kelapa, pohon rijasa, pohon cemara, pohon sawo, pohon mangga, pohon keben dan sebagainya. Selain itu dibuat sebuah telaga besar berukuran 15x10 meter untuk keindahan, untuk penampungan air halaman saat hujan, sekaligus sebagai tempat memelihara ikan dan bunga tunjung. Taman tersebut disebut Taman Kemuda Sari. Karena pengembangan sekolah telaga itu sekarang tertimbun untuk kepentingan lab IPA dan tempat parkir siswa. Untuk keamanan sekolah dari pagar hidup diganti dengan pagar tembok.  Selain itu juga membangun lapangan tenis, yang permanen berdinding trali kawat / besi dan berlantai beton. Lapangan tersebut difungsikan ke dalam tiga fungsi yakni sebagai lapangan upacara bendera, setiap hari Senin di padi hari, juga sebagai lapangan bola tennis, lapangan volley, termasuk juga untuk latihan-latihan olahraga yang lain.

3. Kepala sekolah yang ketiga bernama I Wayan Windia, BA (1998-2001)

Beliau memimpin sekolah SMA Negeri 6 Denpasar waktunya singkat lebih kurang 3 tahunan karena itu Tanam sekolah yang telah tertata sebelumnya dilanjutkan pemeliharaannya. Beliau merubah satu areal Taman bernama Taman Kemuda Sari yang telah dibangun oleh Kepala Sekolah I Gusti Ayu Alit Rudriani, BA , di areal ini dibangun lab IPA dan tempat parkir siswa. Hal itu disebabkan  untuk kepentingan pengembangan sekolah.

4. Kepala Sekolah yang keempat bernama Drs. I Made Wigama, M.Si (2001-2010)

Beliau memimpin sekolah dari tahun 2001 sampai 2010. Konsep Taman yang telah ada pemahamannya dan penataannya diperjelas. Dengan kejelasan bahwa : kesatuan seluruh Taman SMA Negeri 6 Denpasar diberi nama Taman Widya Srama. Kesatuan Taman Widya Srama didukung oleh kelompok-kelompok Taman seperti Taman Mandala Sari posisinya dekat areal tempat suci ditanam berjenis bunga. Kelompok Taman Mandala Pala lan Osadi. Taman itu dibagun dibagian areal tengah sekolah. Ditanam jenis tanaman buah-buahan dan obat-obatan.

Konsep Tri Hita Karana dalam aplikasinya dipertegas seperti dibangun Tempat Suci permanen arealnya diperluas, lebih megah dengan kwalitas bahan yang baik. Dan kelompok taman cemara. Ditanam pohon cemara dan tanaman indah lainnya kemudian disela-selanya dipasang meja, kursi halaman dibuat dari beton bertulang. Meja tersebut berfungsi sebagai tempat siswa rilek saat mengaso sambil membaca-baca bacaan yang mereka sukai.

Taman dilengkapi dengan Patung Dewi Saraswati sebagai Dewi ilmu pengetahuan dikelilingi oleh telaga bersegi delapan membentuk gambar bunga teratai. Juga dilengkapi dengan membangun Patung Ganesa dengan batu keras (indezit) di sela-sela taman dibangun tempat-tempat duduk meja, kursi, halaman dari bahan beton yang berfungsi selain menambah daya indah juga sebagai tempat siswa duduk relak sambil  membaca saat mengaso. Di beberapa tempat yang letaknya strategis dipasang slogan-slogan yang isinya untuk membangun motifasi diri pembaca agar masing-masing pribadi warga sekolah termotifasi untuk menjaga kebersihan sekolah dan menjadikan diri hidup sehat sebagai gaya hidup dan menumbuhkan daya tahan lebih lama, betah tinggal di sekolah menghadapi proses pembelajaran.

Demikian diaplikasikan konsep Tri Hita Karana yang menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhannya, dan hubungan manusia dengan lingkungannya. Selanjutnya hubungan manusia dengan manusia dibuatkan tata tertib seperti tata tertib sekolah, tata tertib guru, tata tertib pegawai, tata tertib lab, tata tertib perpustakaan, tata tertib kantin dan dibuatkan buku saku penghubung siswa yang diberinama “Tata Krama Sekolah SMA Negeri 6 Denpasar”. Memilih tanaman tunjung putih menjadi maskot Sekolah

Apa yang telah dibangun utamanya disamping proses pembelajaran dan pendidikan adalah kepedulian terhadap lingkungan sehingga mengatarkan SMA Negeri 6 Denpasar meraih Juara I tentang kerindangan dan meraih Tropi Sekolah  Adi Wiyata Tingkat Nasional pada 2009.

5.  Kepala Sekolah yang kelima bernama : Drs I Nyoman Muditha, M.Pd. (2010-sekarang)

Beliau memimpin SMA Negeri 6 Denpasar dari tahun 2010 (19 April 2010) sampai sekarang. Konsep Tri Hita Karana dan taman sekolah yang telah dibangun oleh Kepala sekolah terdahulu lengkap dengan segala pemahamannya tetap diajegkan melalui pemeliharaan  dan pelestarian termasuk penambahan jenis tanaman baru. Semua program diiatas masih dalam pembangunan lingkungan fisik. Kepudulian terhadap lingkungan dapat juga diapresiasikan dalam seni budaya sejalan dengan program Kota Denpasar berwawasan budaya maka dari melalui ide kreatif kepala sekolah (Drs I Nyoman Muditha, M.Pd) dikembangkanlah ikon/mascot  SMA Negeri Denpasar yaitu Tunjung Putih dalam seni tari dan tabuh yaitu Tari kreasi “Nur Kumuda” yang artinya Cahya Tunjung Putih, Tari ini sekaligus sebagi tari kebesaran SMA Negeri 6 Denpasar, yang digarap oleh seorang professional tari dan tabuh Prof.Carita dari ISI Denpasar dan dibantu oleh guru pembina ekstrakurikuler tabuh dan tari : I Gusti Ketut Adnyana dan Ni Wayan Purnamawati, S.Sn. M.Si. Penari dan penabuh adalah siswa siswi SMA Negeri 6 Denpasar. Mengapa Tunjung putih yang diangkat sebagai mascot dan tari kebesaran SMA Negeri 6 Denpasar karena Tunjung adalah tumbuhan yang posisi hidupnya di tiga tempat (mandala) yaitu udara, air dan tanah . Kehidupan dari tunjung  ini sebagai implementasi dari konsep Trihita Karana yaitu bunga dari tunjung ini menjulur keudara (utama mandala) sebagai penghubung terhadap Tuhan sang pencipta atau yang maha kuasa, Batang dan daun yang berada terendam dalam air ( madya Mandala) sebagai pendukung interaksi kehidupan mahluk hidup dan akar yang berada dalam tanah (Nista Mandala/palemahan) adalah sebagai sumber kehidupan karena tempat nista mandala ini sebagai tempat pembuangan sampah kehidupan sehingga tempat ini sebagai sumber kehidupan bagi mahluk hidup. Dengan mengambil makna dari konsep dari kehidupan maskot Tujung Putih tersebut diharapkan segenap komponen sekolah baik guru, pegawai dan siswa selalu eling sehingga dapat selalu  menyeimbangkan dalam diri masing-masing untuk mencapai suatu kehidupan yang lebih baik dan sempurna.



KETUA KOMITE

I Made Wirata, SH














PENCARIAN

Berita Artikel





PENGUMUMAN

Informasi Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2017/2018
Bagi siswa/siswi SMP yang akan melanjutkan ke jenjang SMA/SMK, silahkan download file di bawah ini untuk melihat ketentuan dan persyaratan yang diperlukan. Terimakasih
05 Juni 2017

Pengumuman Kelulusan Siswa SMA N 6 Denpasar
Kepada seluruh siswa/siswi kelas XII tahun pelajaran 2016/2017 silahkan download file di bawah ini untuk melihat pengumuman kelulusan. Terimakasih. 
02 Mei 2017

Jadwal pendaftaran perbaikan Nilai Ujian Nasional
Kepada seluruh siswa kls XII tahun pelajaran 2015/2016 yang nilai ujian nasionalnya belum tuntas, agar melakukan pendaftaran untuk ujian ulang. Jadwal terlampir. Terimakasih
02 Agustus 2016

Cap Tiga jari ijasah

Jadwal cap tiga jari ijasah untuk siswa Kelas XII adalah sebagai berikut :

- Kelas XII IPA 1,2,3,4 pukul 07.30 wita pada hari Senin Tanggal :  18 Juli 2016

- Kelas XII IPA 5,6 & XII IPS 1,2 pukul 09.30 wita pada hari Senin Tanggal :  18 Juli 2016

Menggunakan seragam sekolah dan harus menyelesaikan administrasi termasuk pengembalian buku di perpustakaan. 

Terimakasih. 


26 Juli 2016

Daftar Finalis Lomba KPIP 2016
Berikut ini adalah Daftar Finalis Lomba KPIP 2016 SMAN 6 Denpasar, silahkan download file di bawah ini untuk melihat selengkapnya.
05 Juni 2016



KALENDER
KALENDER
14
  Desember 2017  
S Sl R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Copyright 2012. SMA N 6 Denpasar. Developed & Maintenance by Admin SMA N 6 Denpasar (Sixsma)