KEPALA SEKOLAH

Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd














MENU
LINK TERKAIT
Pengolahan Limbah Plastik Dengan Metode Daur Ulang (Recycle)
 Dibuat pada Tanggal 26 Maret 2012

             Pemanfaatan limbah plastik merupakan upaya menekan pembuangan plastik seminimal mungkin dan dalam batas tertentu menghemat sumber daya dan mengurangi ketergantungan bahan baku impor. Pemanfaatan limbah plastik dapat dilakukan dengan pemakaian kembali (reuse) maupun daur ulang (recycle). Di Indonesia, pemanfaatan limbah plastik dalam skala rumah tangga umumnya adalah dengan pemakaian kembali dengan keperluan yang berbeda, misalnya tempat cat yang terbuat dari plastik digunakan untuk pot atau ember. Sisi jelek pemakaian kembali, terutama dalam bentuk kemasan adalah sering digunakan untuk pemalsuan produk seperti yang seringkali terjadi di kota-kota besar (Syafitrie, 2001).

             Pemanfaatan limbah plastik dengan cara daur ulang umumnya dilakukan oleh industri. Secara umum terdapat empat persyaratan agar suatu limbah plastik dapat diproses oleh suatu industri, antara lain limbah harus dalam bentuk tertentu sesuai kebutuhan (biji, pellet, serbuk, pecahan), limbah harus homogen, tidak terkontaminasi, serta diupayakan tidak teroksidasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebelum digunakan limbah plastik diproses melalui tahapan sederhana, yaitu pemisahan, pemotongan, pencucian, dan penghilangan zat-zat seperti besi dan sebagainya (Sasse et al.,1995).

             Terdapat hal yang menguntungkan dalam pemanfaatan limbah plastik di Indonesia dibandingkan negara maju. Hal ini dimungkinkan karena pemisahan secara manual yang dianggap tidak mungkin dilakukan di negara maju, dapat dilakukan di Indonesia yang mempunyai tenaga kerja melimpah sehingga pemisahan tidak perlu dilakukan dengan peralatan canggih yang memerlukan biaya tinggi. Kondisi ini memungkinkan berkembangnya industri daur ulang plastik di Indonesia (Syafitrie, 2001).

             Pemanfaatan plastik daur ulang dalam pembuatan kembali barang-barang plastik telah berkembang pesat. Hampir seluruh jenis limbah plastik (80%) dapat diproses kembali menjadi barang semula walaupun harus dilakukan pencampuran dengan bahan baku baru dan additive untuk meningkatkan kualitas (Syafitrie, 2001). Menurut Hartono (1998) empat jenis limbah plastik yang populer dan laku di pasaran yaitu polietilena (PE), High Density Polyethylene (HDPE), polipropilena (PP), dan asoi.

Plastik Daur Ulang Sebagai Matriks

             Di Indonesia, plastik daur ulang sebagian besar dimanfaatkan kembali sebagai produk semula dengan kualitas yang lebih rendah. Pemanfaatan plastik daur ulang sebagai bahan konstruksi masih sangat jarang ditemui. Pada tahun 1980 an, di Inggris dan Italia plastik daur ulang telah digunakan untuk membuat tiang telepon sebagai pengganti tiang-tiang kayu atau besi. Di Swedia plastik daur ulang dimanfaatkan sebagai bata plastik untuk pembuatan bangunan bertingkat, karena ringan serta lebih kuat dibandingkan bata yang umum dipakai (YBP, 1986).

             Pemanfaatan plastik daur ulang dalam bidang komposit kayu di Indonesia masih terbatas pada tahap penelitian. Ada dua strategi dalam pembuatan komposit kayu dengan memanfaatkan plastik, pertama plastik dijadikan sebagai binder sedangkan kayu sebagai komponen utama; kedua kayu dijadikan bahan pengisi/filler dan plastik sebagai matriksnya. Penelitian mengenai pemanfaatan plastik polipropilena daur ulang sebagai substitusi perekat termoset dalam pembuatan papan partikel telah dilakukan oleh Febrianto dkk (2001). Produk papan partikel yang dihasilkan memiliki stabilitas dimensi dan kekuatan mekanis yang tinggi dibandingkan dengan papan partikel konvensional. Penelitian plastik daur ulang sebagai matriks komposit kayu plastik dilakukan Setyawati (2003) dan Sulaeman (2003) dengan menggunakan plastik polipropilena daur ulang. Dalam pembuatan komposit kayu plastik daur ulang, beberapa polimer termoplastik dapat digunakan sebagai matriks, tetapi dibatasi oleh rendahnya temperatur permulaan dan pemanasan dekomposisi kayu (lebih kurang 200°C).
(Kembali..)

KETUA KOMITE

Ida Bagus Sudiraharja, SE














PENCARIAN

Berita Artikel





PENGUMUMAN

Pengumuman Kelulusan Siswa SMA N 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018
Kepada seluruh siswa/siswi kelas XII tahun pelajaran 2017/2018 silahkan download file di bawah ini untuk melihat pengumuman kelulusan. Terimakasih. 
03 Mei 2018

Informasi Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2017/2018
Bagi siswa/siswi SMP yang akan melanjutkan ke jenjang SMA/SMK, silahkan download file di bawah ini untuk melihat ketentuan dan persyaratan yang diperlukan. Terimakasih
05 Juni 2017

Pengumuman Kelulusan Siswa SMA N 6 Denpasar
Kepada seluruh siswa/siswi kelas XII tahun pelajaran 2016/2017 silahkan download file di bawah ini untuk melihat pengumuman kelulusan. Terimakasih. 
02 Mei 2017

Jadwal pendaftaran perbaikan Nilai Ujian Nasional
Kepada seluruh siswa kls XII tahun pelajaran 2015/2016 yang nilai ujian nasionalnya belum tuntas, agar melakukan pendaftaran untuk ujian ulang. Jadwal terlampir. Terimakasih
02 Agustus 2016

Cap Tiga jari ijasah

Jadwal cap tiga jari ijasah untuk siswa Kelas XII adalah sebagai berikut :

- Kelas XII IPA 1,2,3,4 pukul 07.30 wita pada hari Senin Tanggal :  18 Juli 2016

- Kelas XII IPA 5,6 & XII IPS 1,2 pukul 09.30 wita pada hari Senin Tanggal :  18 Juli 2016

Menggunakan seragam sekolah dan harus menyelesaikan administrasi termasuk pengembalian buku di perpustakaan. 

Terimakasih. 


26 Juli 2016



KALENDER
KALENDER
20
  Januari 2019  
S Sl R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

Copyright 2012. SMA N 6 Denpasar. Developed & Maintenance by Admin SMA N 6 Denpasar (Sixsma)